Media online shop terbaru dikalangan era digital berupa "Tiktokshop"

 Media online shop terbaru dikalangan era digital berupa "Tiktokshop"


    Pada era digital yang semakin berkembang, sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menghadapi revolusi digital, seperti akses terbatas ke pasar, keterbatasan teknologi, dan kurangnya pengetahuan tentang e-commerce. Untuk mengatasi masalah ini, e-commerce terkemuka, digitalisasi UMKM dengan penguatan E-Commerce Tiktokshop guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Peran e-commerce dalam mendorong bisnis lokal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat besar. Terlebih di era teknologi digital saat ini.

    Banyaknya inovasi yang dihadirkan oleh platform e-commerce saling berkesinambungan untuk membantu penjual lokal dan UMKM dalam mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan, serta merasakan manfaat yang maksimal. 
Beberapa media sosial kini memiliki fitur yang memudahkan pengguna berbelanja dari toko atau brand favoritnya melalui aplikasinya. TikTok Shop adalah contoh terbaru. Yupp, pada 17 April 2021, aplikasi TikTok di Indonesia resmi memperkenalkan fitur baru bernama TikTok Shop. Fitur ini merupakan social commerce inovatif yang dapat menjangkau penjual, pembeli, dan kreator untuk pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan nyaman.

    Fitur ini memberi peluang bagi penjual untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pengiriman konten video pendek dan fitur belanja langsung (live real-time) di akun TikTok bisnis mereka atau dengan bekerja sama dengan pembuat konten. 

    TikTok Shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka melalui TikTok. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis dan mulai tersedia di akun pengguna pada medio pertengahan tahun 2021. Yaps, tepat di mana seluruh dunia sedang berjuang melawan Pandemi COVID-19 dan TikTok hadir untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan masyarakat lewat fitur online shop ini. 

    Selain itu, fitur belanja ini dihadirkan TikTok sebagai respon atas peningkatan penjualan berbagai produk setelah adanya promosi dari berbagai brand melalui platform jejaring sosial tersebut. Menurut survei Adweek-Morning Consult, 49% pengguna akan membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di TikTok lho kawan.

    Cara belanja di TikTok Shop terbilang mudah layaknya ketika kamu berbelanja di e-commerce. Kamu juga bisa menikmati berbagai promo seperti cashback, diskon, dan gratis ongkos kirim yang disediakan oleh penjual. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk berbelanja di TikTok Shop:

Buka aplikasi TikTok 

Klik icon keranjang bertuliskan ‘Shop’

Klik produk yang ingin kamu beli

Klik “Buy Now” atau “Add to Cart” jika kamu ingin membeli lebih dari 1 produk

Masukkan alamat pengiriman dan pilih metode pembayaran

Setelah semua data lengkap, klik button “Place Order” untuk menyelesaikan pembelian

Setelah itu, penjual akan mengonfirmasi pembelian dan pembayaran darimu untuk diproses ke tahap pengemasan Selanjutnya, barang bisa dikirimkan ke alamat yang telah kamu cantumkan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Keunikan Kota Sukabumi memiliki julukan Kota Mochi”

"Bisnis yang di miliki UMM diluar akademika Kampus"