Media online shop terbaru dikalangan era digital berupa "Tiktokshop"
Media online shop terbaru dikalangan era digital berupa "Tiktokshop"
Pada era digital yang semakin berkembang, sektor UMKM (Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia.
Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menghadapi revolusi
digital, seperti akses terbatas ke pasar, keterbatasan teknologi, dan kurangnya
pengetahuan tentang e-commerce. Untuk mengatasi masalah ini, e-commerce terkemuka, digitalisasi UMKM dengan penguatan E-Commerce Tiktokshop guna mendorong
pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Peran e-commerce dalam mendorong
bisnis lokal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat
besar. Terlebih di era teknologi digital saat ini.
Banyaknya inovasi yang dihadirkan oleh platform
e-commerce saling berkesinambungan untuk membantu penjual lokal dan UMKM dalam
mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan, serta merasakan manfaat yang
maksimal. Beberapa
media sosial kini memiliki fitur yang memudahkan pengguna berbelanja dari toko
atau brand favoritnya melalui aplikasinya. TikTok Shop adalah contoh
terbaru. Yupp, pada 17 April 2021, aplikasi TikTok di Indonesia resmi
memperkenalkan fitur baru bernama TikTok Shop. Fitur ini
merupakan social commerce inovatif yang dapat menjangkau penjual,
pembeli, dan kreator untuk pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan
nyaman.
Fitur
ini memberi peluang bagi penjual untuk mengembangkan bisnis mereka melalui
pengiriman konten video pendek dan fitur belanja langsung (live real-time) di
akun TikTok bisnis mereka atau dengan bekerja sama dengan pembuat konten.
TikTok Shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan
pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka melalui
TikTok. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis dan mulai
tersedia di akun pengguna pada medio pertengahan tahun 2021. Yaps, tepat
di mana seluruh dunia sedang berjuang melawan Pandemi COVID-19 dan TikTok hadir
untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan masyarakat lewat fitur online
shop ini.
Selain itu, fitur belanja ini dihadirkan TikTok sebagai respon atas
peningkatan penjualan berbagai produk setelah adanya promosi dari berbagai
brand melalui platform jejaring sosial tersebut. Menurut
survei Adweek-Morning Consult, 49% pengguna akan membeli produk atau
layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di
TikTok lho kawan.
Cara belanja di TikTok Shop terbilang mudah layaknya ketika kamu
berbelanja di e-commerce. Kamu juga bisa menikmati berbagai promo seperti
cashback, diskon, dan gratis ongkos kirim yang disediakan oleh penjual. Berikut
langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk berbelanja di TikTok Shop:
Buka
aplikasi TikTok
Klik
icon keranjang bertuliskan ‘Shop’
Klik
produk yang ingin kamu beli
Klik
“Buy Now” atau “Add to Cart” jika kamu ingin membeli lebih dari 1 produk
Masukkan
alamat pengiriman dan pilih metode pembayaran
Setelah
semua data lengkap, klik button “Place Order” untuk menyelesaikan pembelian
Setelah
itu, penjual akan mengonfirmasi pembelian dan pembayaran darimu untuk diproses
ke tahap pengemasan Selanjutnya, barang bisa dikirimkan ke alamat yang telah
kamu cantumkan.
Komentar
Posting Komentar